Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara (APT) Pranoto Samarinda Segera Miliki Selasar Penghubung Terminal

Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda berencana membangun selasar penghubung terminal pada tahun ini.
Penumpang tampak memadati bandara./Bisnis-Surya Dua Artha Simanjuntak.
Penumpang tampak memadati bandara./Bisnis-Surya Dua Artha Simanjuntak.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda berencana membangun selasar penghubung terminal pada tahun ini. 

Kepala Seksi Pelayanan dan Kerja Sama Bandara APT Pranoto Samarinda, Denny Armanto menyatakan langkah tersebut diambil untuk meningkatkan pelayanan bagi para penumpang. 

“Rencana pembangunannya tahun ini dan diharapkan selesai akhir tahun ini jika tidak ada halangan. Kami akan uji coba dari awal dan jika skema tersebut mengganggu kenyamanan penumpang, kami akan evaluasi lagi,” ujarnya yang dikutip dalam keterangan resmi, Jumat (12/7/2024). 

Denny menjelaskan pembangunan selasar ini merupakan respons terhadap keluhan penumpang yang beredar di media sosial terkait penjemputan yang diarahkan ke area parkir yang jauh dari terminal. 

"Selasar penghubung ini akan mirip dengan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, di mana penumpang menyebrang ke arah penjemputan," tambahnya.

Saat ini, penumpang yang tiba di Bandara APT Pranoto diarahkan ke area parkiran untuk penjemputan, dan semua kendaraan penjemputan juga diarahkan ke sana. 

Denny menambahkan, skema lalu lintas kendaraan sedang diuji coba dan akan dievaluasi setiap harinya untuk memastikan kenyamanan penumpang.

"Mekanisme ini diupayakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang ketika turun di bandara, sehingga mereka bisa langsung menuju lokasi penjemputan. Karena jarak antara penjemputan penumpang dan terminal terlalu dekat, kami diminta untuk mengatur agar jaraknya tidak terlalu dekat," katanya.

Dia menuturkan untuk proses keberangkatan, prosedur tetap seperti biasa, di mana penumpang turun di drop zone dan langsung diarahkan menuju terminal.

Penyelenggara Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, mencatatkan peningkatan jumlah  penumpang pada semester I tahun 2024 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

"Pada semester I tahun ini, kami telah melayani 417.098 penumpang, meningkat dari 344.289 penumpang pada tahun 2023," ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Kerja sama Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Denny Armanto di Samarinda, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, inovasi dan peningkatan layanan menjadi kunci utama dalam menarik minat penumpang. Bandara APT Pranoto kini dilengkapi dengan tiga executive lounge yang menyediakan pelayanan premium, working space yang nyaman, kursi refleksi untuk relaksasi, serta hadiah sepeda listrik bagi penumpang tujuan Denpasar.
 
"Kami juga memberikan perhatian khusus kepada penumpang dengan kebutuhan khusus melalui fasilitas kursi roda, tongkat pembantu jalan, personal assistance dan jalur khusus disabilitas," tambah Denny.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper