Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltara Akselerasi Pengembangan Infrastruktur 2024

Cakupan jalan provinsi yang ditangani tahun ini diyakini lebih luas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga mencapai tonggak kinerja jalan yang cukup baik
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi (PUPR-PERKIM) Kalimantan Utara (Kaltara) tengah gencar mengembangkan infrastruktur jalan untuk meningkatkan akses ekonomi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR-PERKIM Kaltara Erni menyatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh Program Strategis Nasional (PSN) di wilayah ini yang mencakup Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang.

“Beberapa kementerian/lembaga serta dinas sedang dan akan membangun kantor di kawasan KBM Tanjung Selor karena itu perlu kita dukung dengan akses jalan, sehingga nanti akan makin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat jika instansi tersebut sudah berkantor di KBM,” ujarnya yang dikutip, Selasa (18/6/2024).

Dia menyebutkan bukti peningkatan itu terjadi ketika menangani koridor kritis untuk mencegah terputusnya akses melalui pembangunan jembatan di Desa Setarap (Malinau), pembangunan box culvert, dan penanganan longsoran di Jalan Gunung Selatan (Tarakan).

Upaya ini merupakan bagian dari penanganan jalan provinsi melalui sumber pembiayaan alternatif, seperti alokasi tahun ini sebesar Rp90 miliar dari Instruksi Presiden No. 3/2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

“Penanganan jalan provinsi tentu dilakukan secara bertahap karena APBD kita juga terbatas, namun pemerintah berupaya agar secara konsisten dapat mengalokasikan anggaran berdasarkan skala prioritas,” terang Erni.

Adapun, dia optimis cakupan jalan provinsi yang ditangani tahun ini lebih luas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga mencapai tonggak kinerja jalan yang cukup baik pada tahun 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper