Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lokasi Penjemputan di Bandara SAMS Sepinggan Sudah Berubah, Ada Apa?

Perubahan mulai diterapkan hari ini dengan tujuan meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang.
Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan./Bisnis
Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mulai memberlakukan perubahan lokasi penjemputan penumpang untuk menyambut HUT Republik Indonesia Ke-79. 

Perubahan mulai diterapkan hari ini dengan tujuan meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, khususnya menjelang perayaan di Ibu Kota Nusantara.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab menyatakan semua kendaraan pribadi yang menjemput penumpang kini diarahkan melalui gedung parkir di lantai 1. 

Namun, angkutan darat yang bekerja sama dengan bandara, seperti taksi, shuttle bus, kru, penyandang disabilitas, dan VIP, tetap menggunakan flow pickup zone yang lama.

“Apa yang dilakukan ini merupakan langkah awal dari upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang datang, terutama menjelang perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara serta mengantisipasi lonjakan penumpang,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (25/7/2024).

Syaugi menambahkan, perubahan ini masih dalam tahap simulasi dan memerlukan masukan dari para pengguna. 

“Kami butuh masukan dari para pengguna karena perubahan ini tidak mudah dan pasti menuai pro dan kontra. Jika ternyata merugikan pengguna, akan kami evaluasi,” katanya.

Di sisi lain, Syaugi menyebutkan dalam rapat terbaru dengan Garuda Indonesia, disepakati penambahan extra flight sebanyak tujuh pesawat besar, selain itu maskapai Pelita juga baru saja bergabung. 

Dia menjelaskan, kerja sama dengan instansi terkait, seperti Otoritas Bandara, TNI/Polri, juga dijalankan selama sepekan untuk simulasi ini, yang mungkin diperpanjang hingga satu bulan.

“Yang kami utamakan adalah tempat parkir yang sudah siap dan lift yang berfungsi dengan baik. Di konsep baru ini, kendaraan jemputan hanya boleh menunggu tiga menit,” jelas Syaugi.

Dia menuturkan perubahan ini juga merupakan bagian dari persiapan Balikpapan sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara, mengingat banyak penumpang yang akan transit melalui bandara ini. 

“Kami akan terus menutupi kekurangan yang ada dan memastikan semuanya berjalan lancar,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kapasitas gedung parkir Bandara SAMS Sepinggan saat ini dapat menampung 1.506 kendaraan roda empat dan 828 kendaraan roda dua. Untuk parkir terbuka, tersedia kapasitas untuk 227 kendaraan roda empat dan delapan bus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper