Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Data Indosat 4G Diperkuat 84% Jelang HUT RI di IKN

Upaya peningkatan ini didukung penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) terbaru yang memungkinkan optimasi kapasitas antar Base Transceiver Station (BTS).
Karyawan beraktivitas di dekat logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di Jakarta, Senin (5/2/2024). JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di dekat logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di Jakarta, Senin (5/2/2024). JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meningkatkan kapasitas trafik data 4G sebesar 84% dan kapasitas pengguna 4G sebesar 44% dalam memperkuat jaringan 4G dan 5G di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. 

Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung mengatakan upaya peningkatan ini didukung oleh penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) terbaru yang memungkinkan optimasi kapasitas antar Base Transceiver Station (BTS).

“Dalam persiapan menyambut HUT RI ke-79, Indosat menambahkan Mobile Base Transceiver Station (MBTS) dan backbone fiber optic di wilayah IKN,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/7/2024). 

Dia menambahkan, teknologi akses radio mutakhir yang digunakan oleh Indosat juga menghasilkan efisiensi energi yang signifikan dengan kinerja andal.

Selain itu, Indosat kini memiliki lebih dari 15.000 BTS yang mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi Kota Samarinda. 

“Indosat terus menargetkan perluasan layanan bagi pelanggan perorangan dan enterprise di Kalimantan,” terang Desmond. 

Selain kesiapan jaringan, dia menyebutkan Indosat juga melayani pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN. 

“Langkah ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi,” sebutnya.

Kemudian, dia menjelaskan Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal I/2024. 

“Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” jelasnya.

Adapun, dia menuturkan Indosat telah aktif menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Timur. 

“Program seperti SheHacks Innovate 2024 yang melibatkan pelaku UMKM lokal bertujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper