Pupuk Kaltim Sabet The Best BUMN di TOP BUMN Awards 2024

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) raih The Best State Owned Enterprise, sebagai penghargaan terbaik dalam ajang Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2024
Foto:  Pupuk Kaltim Sabet The Best BUMN di TOP BUMN Awards 2024
Foto: Pupuk Kaltim Sabet The Best BUMN di TOP BUMN Awards 2024

Bisnis.com, KALIMANTAN - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) raih The Best State Owned Enterprise, sebagai penghargaan terbaik dalam ajang Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2024. Penghargaan diterima SVP Administrasi Keuangan Pupuk Kaltim Budi Susilo, dari Direktur Bisnis Indonesia Group Chamdan Purwoko di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Penghargaan ini sebagai apresiasi bagi Pupuk Kaltim, yang dinilai sukses dalam menjalankan peran sebagai agen pembangunan bisnis nasional. Selain juga menjadi katalisator pembangunan sosial, serta role model tata kelola perusahaan yang baik ditengah perubahan dinamis dalam lanskap bisnis global.

Diungkapkan Budi Susilo, penghargaan ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja positif dari tahun ke tahun, utamanya menjalankan bisnis yang produktif dengan profitabilitas baik, sehingga keberadaan Pupuk Kaltim menunjukkan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

“Penghargaan ini menjadi motivasi seluruh insan Pupuk Kaltim untuk terus memaksimalkan peran dalam meningkatkan kinerja perusahaan, sekaligus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan hingga masyarakat,” ujar Budi Soesilo.

Dijelaskannya, Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN Pupuk Indonesia Grup, terus berupaya meningkatkan produktivitas dalam mencapai profitabilitas untuk menjadi perusahaan petrokimia terbaik di Indonesia. Dimana rasio profitabilitas dilihat dari laba bersih yang dihasilkan melalui kegiatan pokok perusahaan, serta kemampuan memperoleh laba dengan ekuitas yang dimiliki.

Keunggulan kinerja Pupuk Kaltim tidak lepas dari penerapan growth strategy yang berfokus pada tiga pilar utama. Diantaranya keunggulan operasional dan rantai pasok melalui efisiensi energi dan optimalisasi infrastruktur, keunggulan diversifikasi dengan mengembangkan bisnis di sektor hilirisasi petrokimia serta energi terbarukan, dan jangkauan pasar dengan peningkatan kapasitas domestik serta ekspansi di pasar global.

Hal itu pun ditunjang tiga keuntungan kompetitif, sehingga Pupuk Kaltim mampu lebih unggul dalam mencapai realisasi target. Yakni memiliki pabrik yang dapat diandalkan dengan konsumsi energi yang rendah, sehingga proses produksi yang lebih efisien dan kompetitif. Termasuk fasilitas logistik dan greenport yang baik dalam menciptakan efisiensi di bidang produksi, sehingga rasio per ton pupuk dan produk lain yang dihasilkan semakin meningkat.

"Keunggulan ini pun didukung sumber daya manusia mumpuni, yang terdiri dari profesional terbaik di industri petrokimia, sehingga Pupuk Kaltim terus mampu meningkatkan realisasi kinerja dengan lebih optimal," lanjut Budi.

Mengusung tema “Performance and Sustainability: Mewujudkan Kementerian BUMN sebagai Pembina dan Pengawas BUMN yang Profesional dalam Aspek Produktivitas dan Profitabilitas", TOP BUMN Awards 2024 menjadi apresiasi bagi perusahaan maupun pimpinan BUMN dengan kinerja terbaik. Penerima terbagi ke dalam tiga kategori yaitu Korporasi, CEO dan CFO. Para penerima penghargaan dalam ajang ini dinilai berdasarkan kinerja, gagasan, inovasi serta transformasi bisnis perusahaan di tengah situasi ekonomi global dan domestik yang dinamis.

Wakil Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Budiarsa Sastrawinata, mengatakan salah satu indikator penilaian adalah kemampuan Perusahaan untuk berkelanjutan, guna mendukung Kementerian BUMN sebagai pembina dan pengawas profesional dalam aspek produktivitas serta profitabilitas. Utamanya mendorong kinerja perusahaan sehingga mampu berkontribusi terhadap pembangunan dan perekonomian bangsa.

"Bisnis Indonesia merasa terhormat untuk mengakui dan mengapresiasi pencapaian luar biasa BUMN, dalam upaya menuju ekosistem digital yang terintegrasi. Kami percaya, keberlanjutan bisnis adalah kunci bagi perkembangan jangka panjang dan kesejahteraan bersama,” tutur Budiarsa Sastrawinata.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper